TUGAS KELOMPOK
PENGANTAR BISNIS
1EB20
EVA KURNIA
/ 22213995
FELLA
YONANDA / 23213398
RIMA NURUL
OKTAVIANI / 27213711
Tugas Minggu ke6
1. JELASKAN PERBEDAAN
PASAR DENGAN PEMASARAN
Jawab :
Pasar adalah
tempat bertemunya antara pembeli dan penjual untuk melakukan suatu transaksi harga yang mereka sepakatai
bersama. Pengertian
pasar menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan
pemasaran .
Pemasaran adalah salah
satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi.
Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting
dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi.
Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi
2. BERIKAN
CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS
PASAR INDUSTRI
*PASAR
PENJUAL
Jawab :
Pasar Industri adalah semua organisasi yang membeli barang dan jasa
untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang dijual, disewakan, atau
di pasok ke perusahaan lain.
Contohnya:
a.
Pengusaha Peternakan
b.
Pengusaha Otomotif
c.
Pabrik Benang
d.
Jasa Perbankan
e.
Jasa telekomunikasi (pasar layanan operator seluler)
Pasar penjual, terdiri dari semua perorangan dan organisasi yang
membeli barang untuk dijual kembali atau disewakan dengan tujuan memperoleh
laba.
Contohnya:
a.
Pasar Jatinegara
b.
Pasar Minggu
c.
Pasar Tanah Abang
d.
Pasar Mangga Dua
e.
Pasar
Senen
2. JELASKAN dgn 1 CONTOH BARANG /JASA UNIVERSAL
BAGAIMANA MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
Jawab :
Dalam kegiatan
pemasaran, dikenal konsep 4P yaitu: Product, Price, Placement, and Promotion.
Konsep ini dapat diterapkan oleh seorang wirausaha dalam memulai suatu bisnis. Contoh barang atau jasa menggunakan 4P
adalah Toko Baju/ Butik.
Di awalnya harus dapat Menentukan
produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar umumnya menjadi langkah paling awal.
Ide mengenai produk bisa didapatkan dari beberapa sumber. Cara termudah adalah
dengan membandingkan langsung produk sejenis seperti yang ingin dijual, dan
melakukan riset kecil-kecilan ke target pasar mengenai kelebihan dan kekurangan
dari produk tersebut. Hasil dari riset tersebut diharapkan memberikan informasi
yang lebih akurat bagi wirausaha mengenai prospek pasar yang akan dimasukinya
dan produk macam mana yang diharapkan oleh target pasar. Konsep-konsep
yang dilakukan tersebut adalah Product.
3. SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
Jawab :
Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang
dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling
berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran
pemasaran adalah sebagai berikut:
a. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat
untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari
product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes,
services, warranties, and returns.
b. Price (harga) yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli
produk atau mengganti hak milik produk. Harga meliputi last price, discount,
allowance, payment period, credit terms, and retail price.
c. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk
yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat
meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and
transport.
d. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk
mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel
promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public
relation, and direct marketing.
4. SEBUTKAN
BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN
Jawab :
a.
Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi
maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran
maksimum
b.
Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan
kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah
; belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari
produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran
lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain
memiliki barang tersebut.
c.
Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan,
dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur.
d.
Memaksimumkan Pilihan
Sistem
ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat
memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah
peningkatan biaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar