Senin, 18 November 2013

Tugas peng bisnis minggu ke6


TUGAS KELOMPOK
 PENGANTAR BISNIS
1EB20
EVA KURNIA / 22213995
FELLA YONANDA / 23213398
RIMA NURUL OKTAVIANI / 27213711


Tugas Minggu ke6

1.  JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN

Jawab :
Pasar adalah tempat bertemunya antara  pembeli dan penjual untuk melakukan suatu transaksi harga yang mereka sepakatai bersama. Pengertian pasar menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran .
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi

2.    BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
Jawab :
Pasar Industri adalah semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang dijual, disewakan, atau di pasok ke perusahaan lain.

Contohnya:
a.     Pengusaha Peternakan
b.     Pengusaha Otomotif
c.      Pabrik Benang
d.     Jasa Perbankan
e.       Jasa telekomunikasi (pasar layanan operator seluler)
Pasar penjual, terdiri dari semua perorangan dan organisasi yang membeli barang untuk dijual kembali atau disewakan dengan tujuan memperoleh laba.
Contohnya:
a.     Pasar Jatinegara
b.     Pasar Minggu
c.     Pasar Tanah Abang
d.     Pasar Mangga Dua
e.       Pasar Senen


2.  JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA  MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )

Jawab :              
Dalam kegiatan pemasaran, dikenal konsep 4P yaitu: Product, Price, Placement, and Promotion. Konsep ini dapat diterapkan oleh seorang wirausaha dalam memulai suatu bisnis.   Contoh barang atau jasa menggunakan 4P adalah Toko Baju/ Butik.
Di awalnya harus dapat Menentukan produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar umumnya menjadi langkah paling awal. Ide mengenai produk bisa didapatkan dari beberapa sumber. Cara termudah adalah dengan membandingkan langsung produk sejenis seperti yang ingin dijual, dan melakukan riset kecil-kecilan ke target pasar mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Hasil dari riset tersebut diharapkan memberikan informasi yang lebih akurat bagi wirausaha mengenai prospek pasar yang akan dimasukinya dan produk macam mana yang diharapkan oleh target pasar.  Konsep-konsep yang dilakukan tersebut adalah Product.

3.  SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
Jawab :
Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:
a.      Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
b.      Price (harga) yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
c.       Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
d.      Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.


4.  SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
Jawab :
a.     Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum
b.    Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
c.   Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur.
d.    Memaksimumkan Pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar